Kisah Tikus Sang Penyelamat Nyawa di Kamboja

Kisah Tikus Sang Penyelamat Nyawa di Kamboja

Kisah Tikus Sang Penyelamat Nyawa di Kamboja

Siem Reap merupakan kota populer sebagai pintu gerbang ke kawasan Angkor, yang menjadi tujuan utama wisatawan dunia. Sama halnya dengan saya dan kedua teman saya, Welah dan Julia. Kami mengunjungi "The city of Temples" yang mempunyai lebih dari 1000 kuil ini pada awal bulan Agustus lalu.

Kami datang melalui Poipet, kota perbatasan antara Thailand dan Kamboja. Setiba di pusat transportasi utama antara kota Siem Reap-Bangkok ini, kami melihat cukup banyak pengemis jalanan. Beberapa diantaranya tanpa kaki.

Menurut Bong Cheni, sopir sekaligus guide yang menjemput kami, para pengemis tersebut adalah korban "landmines" atau ranjau darat yang masih banyak berserakan di tanah Kamboja. Katanya, untuk mengidentifikasi area ranjau, mereka menggunakan jasa tikus.

Bong Cheni pun bercerita panjang. Setelah perang konflik rezim Khmer Roughe (Khmer Merah) tahun 1970, masih banyak ditemukan ranjau yang tersisa hingga sekarang. Ribuan orang yang kebanyakan adalah penduduk, terluka dan terbunuh setiap tahun karenanya.

Tiap bulan terdapat sekitar 300 sampai 700 orang diamputasi karena terinjak ranjau. Pada tahun 2012 ada lebih dari 4000 korban ranjau.

Film garapan Angelina Jolie berjudul "First They Killed My Father" bermain di ingatan saya. Saat Loung, seorang anak perempuan berusia 5 tahun dilatih paksa untuk memasang ranjau ketika perang sipil di Kamboja.

Lanjut Bong Cheni, di beberapa tempat dekat Seam Reap, terdapat pusat pelatihan tikus-tikus pemburu ranjau. Tikus-tikus ini dilatih untuk mencium TNT, serbuk bahan peledak dinamit. Kenapa tikus, bukan orang atau anjing?

Orang dengan detektor logam tidak hanya mempertaruhkan nyawa mereka namun akan membutuhkan waktu lebih lama yaitu sampai 5 hari untuk menemukan ranjau.

Kisah Tikus Sang Penyelamat Nyawa di Kamboja

Anjing yang juga bisa dilatih, namun lebih mahal dan sulit kondisikan, karena berat tubuh yang bisa mengancam nyawa mereka. Karenanya, mereka menggantikannya dengan tikus.

Tubuh tikus lebih ringan dan kecil dengan penciuman tajam, akan lebih ‘aman’ untuk mengidentifikasikan titik ranjau yang terkubur di bawah tanah.

Cambodian Mine Action Center bekerja sama dengan organisasi non-profit asal Belgia bernama APOPO mengimpor tikus raksasa Gambia dari Tanzania, Afrika Timur. Tikus-tikus ini memiliki penglihatan buruk, namun indra penciuman luar biasa tajam, sehingga dapat menemukan bahan peledak dengan cepat.

Bong Cheni menunjuk ke arah sebuah bangunan yang kami lewati. "Itu adalah gedung Mine Detection Rats Museum. Di sana tercatat hampir 20.000 orang terbunuh sejak tahun 1979," katanya

lokasi rawan ranjau kebanyakan adalah di daerah perbatasan konflik, di mana biasanya berada di luar kota atau pedesaan.

Daerah tersebut sudah dilengkapi dengan tanda peringatan, berupa papan berwarna merah bertuliskan "Danger Mines" atau "Bahaya Ranjau".

Seekor tikus bisa mencari lebih dari 200 meter persegi dalam waktu 20 menit. Sedangkan, proses melatih tikus untuk mengendus ranjau bukan hal yang mudah. Tikus-tikus ini perlu belajar bagaimana berada di sekitar manusia.

Mereka dilatih dari usia mingguan. Pelatih harus mengajari mereka mulai dari cara berjalan dengan tali di atas badan mereka, mencium bau bahan peledak, sampai mendengar bunyi ‘klik’ yang berarti makanan sebagai hadiah atas temuannya.

Ketika tikus yang sudah terlatih menemukan ranjau, mereka akan berhenti dan menggaruk. Kemudian ahli peledak akan mulai menggali dan meledakkannya di lokasi. Keseluruhan proses pelatihan ini memakan waktu sekitar sembilan bulan untuk setiap tikus

Berkat tikus-tikus ini, korban jiwa akibat ranjau menurun drastis setiap tahun. Kini, 50 persen penduduk Kamboja dapat meneruskan mata pencaharian mereka, yaitu bertani dan membangun rumah diatas lahan bebas ranjau.

You Might Also Like

2 comments

  1. Izin Posting yah ^_^

    Bagi kamu semua pecinta poker yang bosan selalu kalah, ayo bergabung di BenderaQQ, BenderaQQ menyediakan permainan Real Poker murni Player VS Player. Ayo coba keberuntungan kamu di BenderaQQ
    Kelebihah bermain di BenderaQQ :
    -Customer Service yang ramah dan selalu fast respon 24jam :)
    -Bonus Refferal 20%
    -Minimal Deposit dan Withdraw Hanya Rp.15.000
    -Easy Jackpot Win
    -Easy Jackpot Easy Win
    Link Alternatif :
    -www.qqbendera.com
    -www.qqbendera.net

    AGEN POKER ONLINE AGEN DOMINO POKER ONLINE BANDARQ ONLINE TERPECAYA DI INDONESIA
    Minimal depo 15rb dan wd 15 rb
    Nikmati bonus penawaran terbaik dari kami :
    • Bonus Turnover dibagikan setiap hari rabu dan sabtu sebesar 0.5%
    • Bonus Referral sebesar 20%

    Hanya dengan 1 user Id, kalian dapat merasakan 7 permainan sekaligus !
    Permainan yang kami sediakan berupa :
    • Poker
    • Bandar Poker
    • Bandar Q
    • Capsa Susun
    • DominoQQ
    • AduQ
    • Sakong

    Support Bank 6 Bank Lokal :
    - BCA
    - BNI
    - MANDIRI
    - BRI
    - DANAMON
    - CIMB

    Raih kemenangan judi online anda bersama kami sekarang juga, dan rasakan sensasi permainan Player Vs Player 100% dan dapatkan jackpot yang sangat mudah hanya di BenderaQQ.. link untuk daftar >> http://benderaqq.net/Register.aspx?lang=id <<

    BBM : D1CD3A22
    WHATSAPP : +85515590751
    LINE : BENDERAQQ
    FACEBOOK : BENDERAQQ
    NO TELP : +85515590751

    ReplyDelete
  2. SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya
    Website SahabatQQ
    WA 1 : +855887159498
    WA 2 : +855972076840
    Telegram 1 :+85515769793
    Telegram 2 : +855972076840
    LINE : SAHABATQQWIN
    FACEBOOK : SahabatQQ Rebor''n
    Agen Domino99

    ReplyDelete